Senin, 11 Mei 2020

Ajak Anak Peduli dengan Sampah Plastik dengan Cara Menarik dan Sederhana


Sampah plastik menjadi permasalahan tersendiri di dunia. Bahkan Indonesia menjadi negara kedua dengan konsumsi sampah plastik terbanyak kedua di dunia setelah China. Oleh karena itu, kita perlu serius melakukan aksi untuk mengatasi masalah sampah plastik ini. Untuk meresponsnya, awali dari hal-hal kecil terlebih dulu seperti mengurangi pemakaian plastik, membawa tas belanja sendiri hingga memanfaatkan sampah daur ulang


Pentingnya permasalahan sampah untuk segera diatasi juga harus dikenalkan sedari dini kepada anak-anak. Sehingga generasi masa yang akan datang nantinya akan menjadi terbiasa untuk mengurangi sampah plastik. Nah salah satu pengenalan masalah sampah plastik kepada anak-anak paling efektif dengan cara mengajak mereka aktif dalam kegiatan secara langsung.

Kampanye AQUA Bijak Berplastik
AQUA hadir untuk memperkenalkan masalah sampah plastik kepada anak-anak yakni dengan sebuah Kampanye AQUA Bijak Plastik bernama #BijakBerplastik. Ada tiga komponen yang menyusun kegiatan AQUA #BijakBerplastik ini yaitu pengumpulan yakni pengambilan kembali sampah-sampah plastik untuk dimanfaatkan, edukasi yakni kampanye yang ada di sekolah-sekolah, dan Inovasi yakni menciptakan produk baru dari sampah plastik yang dikumpulkan.

AQUA mengajak anak-anak di sekolah untuk paling tidak mengenal terlebih dulu sampah plastik melalui komponen edukasi. Dalam prakteknya, anak-anak akan senang bila sebuah program dibagikan dengan cara yang asyik dan melibatkan mereka. Untuk itu AQUA membuat buku edukasi tentang bagaimana caranya mengelola sampah.

Tak hanya itu, Anda sebagai orang tua juga bisa mengajak langsung anak untuk ikut berpartisipasi langsung misalnya dengan penggunaan sedotan besi. Sedotan sangat dekat kaitannya dengan anak-anak sebagai alat bantu minum dari botol. Hal ini adalah cara paling sederhana dengan mengganti sedotan anak Anda dengan menggunakan sedotan besi (stainless steel) sehingga sedotan itu bisa dipakai kembali.

Anak-anak memang perlu dikenalkan sejak dini tentang sampah plastik yang terus bertambah di dunia. Bertambahnya sampah plastik tersebut tidak baik bagi lingkungan. Harapannya, anak-anak nantinya terbiasa untuk mengurangi penggunaan plastik sehingga sampah plastik tidak semakin menumpuk di masa yang akan datang.

Selain edukasi, AQUA juga telah melakukan bukti nyata yaitu Ocean Cleanup. Dengan semakin banyaknya sampah plastic di laut. AQUA berkomitmen untuk membantu membersihkan sampah plastik di laut dengan kampanye #BijakBerplastik. Diharapkan semua elemen masyarakat ikut turut serta dalam membantu mewujudkan laut yang bersih.

AQUA juga telah melakukan aksi bijak berplastik lainnya seperti mengumpulkan botol bekas dari para pemulung yang kemudian nantinya didaur ulang kembali. AQUA telah berkolaborasi dengan beberapa pemangku kepentingan untuk menyelesaikan masalah sektoral dalam ekosistem pengelolaan sampah. AQUA juga berkomitmen untuk mengambil kembali lebih banyak sampah botol plastik yang dihasilkan pada tahun 2025.

Latest
Next Post
Related Posts

0 comments: