Senin, 27 Mei 2019

Jenis Obat untuk Atasi Gejala Muntah


Muntah sering kali mengganggu Kamu ketika sedang menjalani terapi pemberian cairan rehidrasi oral . Jika dilakukan penanganan yang tepat saat gejala muntah muncul, sebenarnya bisa memberikan dampak yang baik tidak hanya untuk kenyamanan pasien tetapi juga dapat membantu memudahkan pemberian makan secara oral, menurunkan pemberian terapi intravena, dan menurunkan lama rawat inap. Ada beberapa hal yang sebaiknya Kamu ketahui Penyebab muntah pada anak dan penanganannya.

Berikut ini akan dibahas dua obat anti anti muntah) yakni domperidone dan ondansetron. Kedua obat muntah ini merupakan obat keras sehingga membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya. Sebelum memilih diantara keduanya, anda bisa mengetahui informasi berikut supaya Kamu bisa lebih memahami perbedaan antara domperidone dan ondansetron.

Domperidone merupakan merupakan turunan benzimidazole dan merupakan antagonis dopamin yang bekerja pada chemoreceptor trigger zone. Domperidone lebih tepat digunakan untuk mengatasi dispepsia, nyeri ulu hati, nyeri epigastrium, mual, dan muntah. Sedangkan, ondansetron merupakan antagonis serotonin (subtipe 3) yang disetujui sebagai terapi mual dan muntah karena kemoterapi, radioterapi, ataupun pasca-operasi. Secara manfaat kedua obat ini memiliki kesamaan yakni dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah namun jika dilihat dari cara kerja dari kedua obat ini jelas memiliki perbedaan.

Domperidone bekerja dengan cara memblokir aktivitas dari reseptor dopamine yang terdapat di daerah chemoreceptor trigger zone dan di tingkat lambung. Pada kedua daerah tersebut merupakan tempat berikatan yang paling kuat dari reseptor dopamine seperti yang dijumpai di chemoreceptor trigger zone yang berada di luar pembuluh darah otak, yang mengatur keinginan untuk mual dan muntah.. Ondansetron bekerja secara selektif pada reseptor antagonis serotonin 5-HT3. Obat ini dapat bertindak sebagai antie metic (anti mual) dengan penghambatan reseptor 5-HT3 yang ada terpusat di medullary chemoreceptor zone dan perifer (di saluran cerna). Serotonin sendiri sama seperti dopamine yang merupakan neurotransmitter. Nah beberapa jenis obat tersebut tentunya sangat dianjurkan dan I harus sesuai dengan indikasi dari dokter, dan menjaga Usus dan pencernaan anak sehat.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: