Selasa, 30 April 2019

Berikut Beragam Manfaat Alat Bantu Pendengaran yang Perlu Anda Ketahui


Memiliki keterbatasan mendengar tak jarang membuat seseorang kurang percaya diri saat harus bersosialisasi dengan orang lain. Gangguan pendengaran biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami usia lanjut, mendengarkan suara keras secara terus menerus, pengaruh dari konsumsi obat-obatan yang merusak fungsi pendengaran, trauma atau cedera, hingga karena menderita penyakit tertentu, seperti jantung, hipertensi, dan diabetes.

Saat mengalami gangguan pendengaran, langkah terbaik adalah dengan memeriksakan sesegera mungkin ke dokter spesialis telinga atau THT. Setelah mengetahui penyebab gangguan pada telinga, dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan untuk upaya penyembuhan hingga penggunaan alat bantu dengar. Cara kerja alat bantu pendengaran adalah dengan memperkuat atau memperbesar bunyi atau suara di sekitar pengguna sehingga bisa mendengarkan dengan lebih jelas.

Alat bantu ini memang tidak bisa menyembuhkan gangguan pendengaran yang diderita, namun peran alat ini sangatlah penting, yaitu:

1. Memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mendengar.
Dengan alat ini memungkinkan penderita bisa mendengarkan dengan nyaman layaknya tidak mengalami gangguan pendengaran.

2. Mencegah dari penyakit demensia atau pikun.
Gangguan pendengaran yang tidak diatasi dengan baik bisa berdampak pada kondisi kesehatan yang serius, salah satunya adalah demensia atau pikun.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh.
Gangguan pada pendengaran bisa mempengaruhi keseimbangan tubuh. Namun dengan menggunakan alat bantu pendengaran, maka hal tersebut bisa teratasi.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi.
Alat bantu pendengaran akan membantu memperbesar volume dan memperbesar bunyi atau suara yang didengar. Sehingga meskipun memiliki keterbatasan pendengaran, namun dengan menggunakan alat ini bisa mendengarkan layaknya tidak memiliki gangguan. Komunikasi dengan orang lain pun menjadi lebih lancar tanpa hambatan.

5. Terhindar dari keadaan terisolasi yang berujung pada depresi.
Karena tidak bisa mengikuti percakapan saat berkumpul dengan teman-teman atau kerabatnya, tak jarang membuat penderita menjadi minder ataupun merasa terkucilkan. Jika dibiarkan hal ini bisa menyebabkan depresi. Namun dengan menggunakan alat bantu pendengaran akan bisa teratasi masalah ini.

6. Meningkatkan kualitas hidup seseorang.
Meskipun harga alat bantu dengar tidaklah murah, namun hal itu sepadan dengan manfaatnya yang bisa meningkatkan kualitas hidup bagi penderita. Hubungan sosial dengan lingkungan sekitar juga tidak terganggu karena komunikasi tetap lancar dengan bantuan alat ini.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: